tentang blog ini

buat saya, menulis adalah cara terbaik untuk berkomunikasi. kalau kamu sudah membaca halaman "tentang dika", kamu akan mengerti.

saya mulai giat menulis sejak sekolah menengah atas. ketika itu, saya berkenalan dengan buku2 raditya dika dan, tentu saja, blognya. dari situ, saya pun mulai ikut membuat blog. isinya tentu saja adalah curhat2 ala remaja dengan gaya bercerita ala raditya. kadang saya juga menyampaikan pemikiran2 kritis saya di sana, juga ala raditya.

ketika media sosial mulai populer pada akhir dekade 2000-an, saya melebarkan sayap dengan rajin menulis di sana. di facebook, saya rajin menulis di fitur notes yang sekarang sudah punah itu (begitupun akun utama saya). twitter pun tidak terlepas dari jajahan saya. sejujurnya, sampai sekarang hanya kedua media sosial itu sih yang saya anggap sesuai dengan semangat saya dalam bercerita.

meskipun terserang virus media sosial, saya tetap tidak melupakan blog. malah, saya menggunakan facebook dan twitter sebagai media untuk membuat blog saya populer. di facebook saya membuat grup pembaca blog (yang isinya 99% adalah teman2 saya sendiri, yang saya invite, kemudian bergabung karena kasihan), sedangkan di twitter saya pernah berusaha membuat diri saya menjadi trending topic dengan meminta sebuah akun humor (yang saya anggap populer) untuk me-retweet tagar #dikagila. ya, ketika trending topic masih punya makna..

eh, kalau kamu menganggap saya membicarakan satu blog yang sama, kamu salah besar, karena hingga saat ini saya sudah menulis di tiga blog. blog pertama hanya berisi dua tulisan, yang diposkan pada 16 dan 17 mei 2008. blog kedua dibuat di wordpress, dengan 55 pos yang dibuat antara november 2008 hingga juni 2010. blog ketiga juga dibuat di wordpress, berusia tepat dua tahun (desember 2013-2015) dengan 58 posnya. saya hanya punya akses admin ke blog ketiga saja, meskipun yang pertama dan kedua masih bisa dibuka khalayak umum per hari ini (27 november 2016).

selain blog2 "utama" tadi, saya juga sempat membuat banyak blog "sampingan". yang saya maksud sebagai blog sampingan adalah blog yang lebih tematis dibanding blog utama. selain blog sampingan, saya juga sempat mengasuh blog2 "profesional", yang tujuannya tidak lain adalah menghasilkan uang. contoh blog sampingan saya adalah semesterima, yang saya buat ketika berkuliah semester lima (dimulai oktober 2011), dan khusus memuat sajak2 penuh rima kelas rendah. sedangkan untuk blog profesional saya punya 19nol8, blog berita klub sepakbola terhebat sedunia dan akhirat.

blog sampingan lain yang belum saya matikan aktivitasnya adalah sepuluh ide dan rewriting sherlock. di sepuluh ide, saya merinci sepuluh gagasan tentang apa saja yang saya mau, sedangkan rewriting sherlock adalah cara saya untuk meningkatkan kemampuan mengetik (bukan menulis) dengan cara mengetik ulang kisah2 sherlock holmes. adapun blog sampingan yang belum aktif hingga sekarang adalah belajar behavioral economics dan penelitian psikologi sosial. keduanya adalah blog ilmiah yang membahas artikel2 jurnal atau isu2 terbaru dalam bahasa yang sederhana.

bagaimana dengan blog ini?

secara konten, halo saya dika adalah blog utama keempat saya. di sini, saya menuliskan konten2 generik seperti opini, curhatan, atau cerpen. saya juga suka menggambar, jadi di sini juga ada gambar2 ilustrasi atau juga komik. kalau kamu pernah membaca blog ketiga, kira2 isinya seperti itu lah.

meski begitu, berbeda dengan blog2 utama saya yang lain, saya mencoba untuk mencari uang melalui blog ini. tenang, ini bukan blog seo yang isinya hanya kata kunci yang diulang2 dengan konten yang dangkal. blog ini tidak seperti itu. saya mencari uang dengan menjadikan blog ini sebagai portofolio, yaitu tempat saya untuk memamerkan kemampuan menulis saya pada dunia (kerja).

(hingga saat ini saya belum pernah bekerja di dunia kepenulisan, sehingga saya tidak punya pengalaman menulis secara profesional—dibayar untuk menulis—yang tentunya penting jika saya berencana untuk bekerja di bidang itu)

setelah saya baca ulang, rasa2nya halaman ini lebih terlihat seperti curriculum vitae alih2 deskripsi blog.