tentang dika

halo, saya dika.

menurut kamus besar bahasa Indonesia, penulis memiliki makna "orang yang menulis". meski begitu, saya tidak bisa mengklaim diri saya sebagai penulis, karena menurut kamus pribadi saya, penulis adalah orang yang menulis yang sudah pernah menerbitkan buku. mari sepakat saja.

karena saya menulis namun belum mau menyebut diri sebagai penulis, kita perlu menemukan sebutan lain yang sesuai. bagaimana dengan pencerita? saya suka bercerita. saya suka didengarkan.

sayangnya, meskipun suka bercerita dan didengarkan saya tidak diangerahi kemampuan berbicara yang baik. kemampuan mengartikulasi saya tidak sebaik ge pamungkas atau agung hapsah, ditambah lagi saya sering disapa "mbak" atau "bu" oleh mas2 go-food, atau siapapun yang berbicara dengan saya melalui telepon. belum lagi, dari sononya, saya adalah orang yang pasif dan pemalu. kombinasi dari semua itu pun akhirnya membuat saya malas melakukan interaksi verbal.

seperti yang dikatakan seorang musisi kurang terkenal:
well writing for me isn't the same as speaking. not for me. i seem to struggle with...conversation. talking onstage... i can't do it anymore
karena itulah, seperti yang dilakukan sang musisi, saya menyampaikan cerita melalui tulisan.

selamat mendengar.