sherlock holmes bahasa jawa?

jujur aja, saya bukanlah penggemar buku sherlock holmes. seenggaknya dalam artian tau cerita orisinal dan seluk-beluk karakternya. kegemaran saya sama cerita dan tokoh sherlock holmes muncul dari kegemaran saya baca komik detective conan, dan itupun cuma sampe "wih keren banget tokohnya" dan nggak pernah sampe baca semua ceritanya.

saya lebih banyak menikmati sherlock holmes melalui media gambar bergerak. film sherlock holmes versi robert downey jr. adalah film holmes pertama yang saya tonton di bioskop, dilanjutkan sama film keduanya, hingga akhirnya menjadi penggemar fanatik serial bbc-nya. yang terakhir ini bahkan menginspirasi saya buat kembali membaca holmes versi buku, termasuk membeli versi ebook-nya di play store dan membuat blog aneh untuk melatih kemampuan mengetik.


dua paragraf di atas sudah menjelaskan separuh bagian pertama dari judul tulisan ini, dan sekarang giliran paruh kedua.

dua hari yang lalu, seperti biasa, saya mendengarkan siniar (podcast) sambil berlaju ke tempat kerja. yang teretel salah satu seri favorit saya: household name, siniar yang membawakan kisah2 "bawah tanah" dari merk2 dunia macam apple hingga volkswagen. episode yang saya dengarkan berkisah tentang amazon.

ceritanya, ada seorang pengguna amazon yang ingin mengajukan komplain karena buku (pride and prejudice oleh jane austen) yang ia beli tampak sangat aneh. bukan hanya ukuran bukunya yang terlalu besar (8x11 inci; kira2 20x23 cm), tetapi ukuran hurufnya yang terlalu kecil. selain itu, terdapat label berbahasa rusia dan kata pengantar (dalam bahasa inggris) yang seakan ditulis oleh orang yang baru belajar bahasa inggris.

usut punya usut, buku tersebut memang berasal dari negeri tetangga rusia, ukraina, dan dibuat dengan alat penerbitan mandiri punya amazon. menurut sang penerbit, mereka nggak bisa melihat bentuk bukunya sebelum dicetak, sehingga mereka nggak punya kendali atas kualitas terbitannya. hal itulah yang bikin ukuran buku dan isinya begitu aneh.

kalo situ tertarik sama kisahnya, silakan baca (dan dengerin) sendiri, karena bukan ini yang mau saya bahas. fokus cerita amazon ini emang di investigasi buku pride and prejudice versi ukraina, tapi ada hal lain, dan kecil, yang bikin saya terinspirasi.

di episode ini, disebutkan bahwa sang penerbit, strelbytskyy multimedia publishing, sebenernya lebih menganggap diri mereka sebagai penerbit ebook, bukan buku fisik, dan bukan pula hanya dalam satu bahasa. selain bahasa inggris, mereka juga menerbitkan ebook berbahasa jerman dan (tentunya) rusia serta--dan inilah sumber inspirasi saya--bahasa yakut.

bahasa yakut adalah bahasa resmi republik sakha di rusia. di republik federal rusia, beberapa daerah tingkat duanya dinamakan "republik", yang biasanya berarti daerah tersebut didiami oleh etnik nonrusia. secara teori, semua republik punya punya hak untuk membuat konstitusi dan menentukan bahasa resminya sendiri. artinya, bahasa yakut kira2 setara dengan bahasa daerah yang kita punya di indonesia.

selanjutnya sederhana aja: kenapa kita nggak bikin ebook (atau buku fisik) literatur barat klasik dalam bahasa daerah? bayangin, ada buku nelusuri benang abang buatan sir arthur conan doyle, marhatai dua kota karangan charles dickens, atau bahkan harga diri sareng prasangka-nya jane austen yang bisa dibaca sama semua kalangan di indonesia!

selain ningkatin aksesibilitas literatur barat klasik, ini juga bisa jadi salah satu cara buat melestarikan bahasa daerah kita. tau sendiri kan gimana situasinya sekarang. nggak tau? ntar deh saya bikin tulisannya (meskipun udah banyak yang bahas juga) (biar ada bahan tulisan) (biar ditungguin).

oh iya, nggak usah takut soal masalah hak cipta. hampir semua buku klasik udah masuk domain publik kok, termasuk buku2 sherlock holmes dan pride and prejudice yang jadi masalah tadi itu.

satu2nya masalah adalah saya nggak bisa ngerjain ini sendirian, karena saya nggak fasih berbahasa daerah. saya cuma bisa bahasa jawa, itupun pasif. jadi, kalo ada dari pembaca blog ini yang menguasai bahasa daerah (dan minat bikin buku), ayo kerja bareng. silakan tulis komentar di bawah atau mention saya di twitter. ditunggu!

Komentar