apaan sik?: earthing

meskipun sempet ada di golongan ekstremis yang nggak suka tv, mau nggak mau gua harus sering2 nonton karena 1) tv-nya udah dibeli dan 2) gua nggak punya internet di rumah.


nah, beberapa waktu lalu, saat sedang menjalankan kebiasaan menonton, gua menemukan sesuatu yang menarik. di sebuah acara selingan (antara berita pagi dan acara gosip), disebutkan bahwa seorang selebriti terkenal adalah penganut gaya hidup earthing.

nyinyir-sense gua pun bergetar. biasanya ini adalah pertanda bahwa gua menyadari adanya sebuah omong kosong besar.

dan bener aja. di bagian acara yang sempet gua tonton, diperlihatkan sang seleb berjalan2 di kebun belakang bersama pasangan dan anaknya yang masih kecil. tanpa alas kaki. udah, itu doang.

mungkin selama ini para selebriti tanah air menggunakan kamus yang berbeda dengan kita, rakyat kebanyakan. kita punya istilah "nyeker", yang mungkin belom sempet jadi bagian dari kosakata mereka.

tapi, tentu saja, earthing itu beneran adanya.

tanpa perlu berpanjang2, sesuai namanya earthing (atau di wikipedia, earthing therapy) dilakukan dengan melakukan kontak fisik secara langsung dengan bumi. katanya sih, terapi ini bisa bikin kita lebih sehat. nggak main2, penelitian tentang manfaat kesehatan dari earthing ini dipublikasikan di sebuah jurnal ilmiah lho (meskipun dengan impact factor yang cuma dua koma).

usut punya usut, hasil penelitian ini diniliai nggak valid karena datanya dianggap terlalu lemah. bahkan, ada yang mengklaim ketiga peneliti yang "membuktikan" manfaat earthing mendapat bantuan finansial dari perusahaan produk2 earthing--meskipun gua nggak percaya2 amat sama yang ini.

ngikutin sesuatu yang "katanya bikin sehat padahal ternyata nggak", sayangnya, bukanlah barang baru di negara ini. lebih parah lagi kalo yang ngelakuin adalah seleb, karena mereka punya kekuatan buat ngarahin ribuan bahkan jutaan orang. sayang kan kalo arahannya cuma sia2?

gua mencoba melakukan hal baru di blog ini, yaitu bikin tulisan berseri. sesuai dengan maknanya yang bermacam2, di apaan sik? gua akan memberi komentar, informasi, atau justru ngeledek.

Komentar