26/10/17

cara memberi nama toko

andaikata kamu sedang berada di cilandak, dan seketika kamu melihat sebuah bengkel reparasi ac mobil yang bernama "ciputat ac". apa reaksi kamu?

barangkali, kamu akan merasa bingung, dan bertanya2: "kenapa bengkel yang ada di cilandak pake nama ciputat?"


di waktu yang lain, kamu sedang berjalan2 di daerah sunter. tiba2, di samping kamu ada sebuah bengkel reparasi jam yang bernama "bengkel jam manhattan". sebagai informasi saja, manhattan adalah nama salah satu borough (daerah tingkat 2) di negara bagian new york, amerika serikat.

tapi, anehnya, kini kamu tidak bertanya2. sama sekali. kamu bahkan mengapresiasi si pemilik toko karena menggunakan nama yang terdengar keren untuk tokonya.

sekarang, mari kita duduk dan menghayati kedua situasi ini pelan2.

di kasus pertama, bengkel reparasi ac menggunakan nama (tempat) yang tidak sama dengan lokasinya. di kasus kedua, bengkel reparasi jam menggunakan nama (tempat) yang tidak sama dengan lokasinya.

ya, sama. tapi mengapa sikap kamu begitu berbeda? apakah karena manhattan terdengar lebih keren dari ciputat? atau karena kamu merasa ciputat tidak lebih keren dari manhattan?

apapun alasan kamu, ini analisis saya.

menurut saya, kita sudah terbiasa dengan penggunaan nama jalan atau kota sebagai nama bangunan (toko, gedung). tidak salah memang, karena masuk akal sekali apabila sebuah toko yang berada di cilandak menggunakan "cilandak" sebagai namanya. sebaliknya, penggunaan "ciputat" tentu membingungkan karena toko tersebut tidak berada di ciputat.

kebiasaan ini membuat kita lupa bahwa nama tempat pada sebuah toko tidak harus disamakan dengan lokasi fisiknya. sikap berbeda kamu pada toko jam manhattan adalah buktinya. dalam hal ini, kata "manhattan" tidak kita maknai sebagai borough manhattan, tetapi sebagai nama (saja).

tapi, agaknya ada peran jarak di sini. maksud saya, jika pun nama bengkel jam tadi bernama "bengkel jam klaten", kamu tidak akan menganggap ada keanehan. paling2, yang terpikir oleh kamu adalah "wah, punya orang klaten nih". karena klaten (dan manhattan) adalah dua tempat yang terletak sangat jauh dari sunter, kamu tidak lagi mengasosiasikan penggunaannya sebagai penunjuk lokasi.

hal itu berbeda dengan cilandak dan ciputat yang jaraknya "nanggung". penggunaan "ciputat" untuk nama toko yang berada di cilandak barangkali malah akan membuat kamu mempertanyakan selera humor si pemilik toko.

jadi, cara memberi nama toko yang tidak membingungkan: gunakan nama kamu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar