29/11/16

kalap di play store

sudah sejak pekan lalu di google play store diadakan diskon besar2an. jadinya, banyak sekali game, aplikasi, buku, dan film yang mendapat potongan harga. bahkan, khusus untuk game, potongannya bisa sampai 80% atau lebih.

semua ini adalah bagian dari perayaan black friday, yang setelahnya diikuti oleh cyber monday. keduanya sendiri adalah bagian dari perayaan hari thanksgiving, yang tidak perlu saya bahas di sini. intinya, kedua perayaan ini, di amerika sana, dikaitkan dengan diskon dan kegiatan belanja yang sama2 besar2an.

inti dari intinya, saya kalap.

perjalanan dimulai dari tanggal 22 november lalu, ketika saya mendapati limbo, game indie yang populer itu, turun harga dari 65ribu rupiah menjadi tiga ribu rupiah saja. bayangkan, turunnya sampai 95% lebih. di hari yang sama saya juga membeli darkland, yang dibanderol hanya 3600 rupiah. sejujurnya saya tidak tahu apakah harga tersebut sudah didiskon atau memang segitu, karena berbeda dengan limbo, yang sudah saya incar sejak lama, saya baru tahu soal darkland ini.

pembelian berikutnya baru terjadi lima hari kemudian, karena meskipun sedang diskon, saya berulang kali berpikir mau membeli atau tidak. korban pertama saya di hari itu adalah monument valley, yang saking bagusnya sampai dimainkan oleh presiden amerika frank underwood.

saya membeli monument valley seharga 8500 rupiah, hemat sekitar 40 ribu dari harga aslinya. seperti limbo, monument valley juga termasuk game yang masuk daftar incaran saya sejak lama. omong2 soal incaran, di hari itu saya juga membeli thomas was alone dengan harga diskon dari 65 ribu jadi hanya 24 ribu. tadinya saya ragu apakah akan membeli thomas juga, karena diskonnya tidak sebesar yang lain. akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli karena tertarik dengan narasinya yang award-winning itu.

besok harinya, 28 november, saya kembali berbelanja. kali ini saya membeli tiga barang, yaitu dua seri game oddworldstranger's wrath dan munch's odysee (masing2 13 ribu) serta lisensi pro aplikasi timetune (10 ribu). saya pernah hampir membeli oddworld ketika ada diskon juga beberapa bulan lalu (atau tahun lalu ya saya juga lupa), tapi karena terlalu lama mempertimbangkan akhirnya lewat. untuk timetune, saya pernah menggunakan aplikasi itu, kemudian dihapus karena memori penuh, dan mengunduh ulang ketika tahu ada diskon. mudah2an bermanfaat.

nah, hari ini, 29 november, adalah hari kalap segala kalap.

hingga pos ini diketik, saya sudah membeli lima game dan aplikasi. untuk menggambarkan betapa kalapnya saya: di antara kelimanya, tidak ada yang masuk daftar incaran. saya membeli dark echo, sally's law, retsnom, dan tallowmere seharga 10, 11, 12, dan 13 ribu rupiah. aplikasi yang saya beli adalah human anatomy atlas 2017 seharga 13 ribu rupiah. harga aslinya? 350 ribu rupiah saja kok.

dari hanamasa untuk berdua jadi mi ayam pinggir margonda.

human anatomy atlas adalah aplikasi referensi anatomi manusia. dengan aplikasi ini saya bisa melihat model 3 dimensi dari organ2 dan sistem2 yang ada di dalam tubuh manusia. ada juga video2 singkat tentang organ tubuh. ada juga kuis, entah mengapa. menurut klaim pengembangnya sih, human anatomy dipakai oleh mahasiswa, dosen, dan praktisi bidang kesehatan/kedokteran di seluruh dunia. oke.

jadi, berapa total uang saya belanjakan? dua belas belanjaan saya di play store selama kurun 22-29 november 2016 adalah 134.100 rupiah. angka itu belum termasuk pajak 12% karena kegiatan beli2 saya dilakukan dengan metode potong pulsa telkomsel. setelah pajak, jumlah yang saya belanjakan jadi 150.192 rupiah. (pembaruan 30 november 2016: saya baru saja membeli goat simulator seharga 15 ribu rupiah dari harga asli 65 ribu [16.800 setelah pajak], menjadikan total belanjaan saya 166.992 rupiah)

apa yang saya rasakan setelah mengeluarkan uang sebanyak itu? agak bercampur sih. saya senang (dan puas) karena merasa berhemat banyak. meski begitu, saya tahu benar bahwa jika saat itu tidak ada momen diskon, mungkin saya tidak akan terpikir untuk berbelanja. selain itu, kalau dipikir2 lagi, pengeluaran sebesar sepuluh ribu sebenarnya relatif kecil untuk barang atau jasa apapun, namun menjadi begitu besar tatkala barang tersebut adalah game atau aplikasi di gawai.

ah, manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar